PC Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung Gelar Pengajian Daring

PC Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung Gelar Pengajian Daring

Juni 2, 2021 0 By Radyid Abdul Gafar

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukajadi Kota Bandung menggelar pengajian bada iedul fitri secara daring pada Ahad (30/05). Kegiatan itu menghadirkan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. yang dihadiri oleh 97 orang peserta secara virtual. Peserta yang hadir terdiri dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) se-sukajadi, Organisasi Otonom (Ortom) tingkat cabang, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah yang berada dibawah naungan PC Muhammadiyah Sukajadi dan simpatisan.

Ketua pelaksana Usep Supriatna menjelaskan  bahwa Pengajian bada iedul fitri adalah penutupan dari rangkaian kegiatan Ramadhan 1442 Hijriyah, salah satu rangkaian kegiatan ramadhan yang terdiri dari sosialisasi himpunan putusan tarjih XXXI oleh Dr. Dadang Syaripudin, pengajian qobla Ramadhan tentang menjaga kualitas ibadah dikala pandemi oleh K.H. Miftah Faridl, pengajian ramadhan atau bisa disebut upgrading yang diisi oleh Prof. Sanusi Uwes, Prof. Asep Saepul Muhtadi dan H.Suhada, kunjungan pini sepuh dan tokoh Muhammadiyah, serta ditutup dengan pengajian bada iedul fitri 1442 H.

“Kegiatan ini sebagai penutup dari semua rangkaian di Bulan Suci Ramadhan kemarin,” ujar Usep Supriatna.

Sementara itu, Ketua PC Muhammadiyah Sukajadi Dedi Jupardi menuturkan dalam rangkaian yang telah dilakukannya tak lupa disiapkan juga kegiatan donasi untuk peduli Palestina yang saat ini mereka sangat membutuhkan uluran tangan dari sesama muslim.

“Kami mencoba untuk menghadirkan beberapa program yang proposional pada saat Ramadhan ini, PC Muhammadiyah Sukajadi juga telah melakukan kegiatan yang spontanitas berupa galang dana untuk membantu saudara kita yang berada di palestina,” ungkapnya.

Adapun Narasumber kegiatan tersebut, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. menjelaskan terkait makna silaturahim, hikmah berpuasa, memaafkan sebagai penyempurna ketaqwaan.

“Memaafkan itu adalah perbuatan yang mendekatkan kepada ketaqwaan, karakter taqwa harus tertanam di semua orang muslim, selain itu ketaqwaan bisa menghasilkan sebuah kepedulian seperti kepedulian memberi,” ujar Prof Mu’ti.

Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. memberikan informasi terkait penghimpunan dana yang dikumpulkan oleh Muhammadiyah menggunakan Lazismu untuk support semakin meningkat pengelolaan dana kemanusiaan yang dilakukan oleh Muhammadiyah memiliki nilai audit berupa Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).