DEEP Desak Pemerintah Kota Depok Transparan Soal Open Biding Sekretaris Daerah

DEEP Desak Pemerintah Kota Depok Transparan Soal Open Biding Sekretaris Daerah

Mei 22, 2021 0 By Radyid Abdul Gafar

kolaborator.net Sampai saat ini Posisi sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok masih diisi oleh Pejabat Pelaksana Teknis (Plt) sejak Februari 2021. Sebab Sekda sebelumnya Hardiono pensiun dari ASN terhitung sejak 1 Februari 2021.

 

Selain itu, pengumumaan pendaftaran seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris Kota Depok tahun 2021 telah berlangsung dari tanggal 7–24 Mei 2021.

 

Democracy And Electoral Empowerment Patnership (DEEP) Kota Depok, sebagai lembaga kebijakan publik mengingatkan bahwa peranan dari Sekretaris Daerah sangat penting.

 

Pasalnya, tugasnya membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

 

Sehingga, DEEP Kota Depok meminta proses pemilihan Sekretaris daerah ini, harus dipublikasikan setiap tahapannya guna masyarakat mengetahui dan bersama-sama mengawasi.

 

“Kami menilai, masyarakat Kota Depok harus mengetahui calon-calon yang daftar,sehingga dapat mengetahui integritas, profesionalitas dan tentu saja kualitas calon-calon Sekretaris daerah tersebut,” ujar Fajri Syahidinillah kepada awak media, Jumat (21/05) kemarin.

 

Dengan transparannya proses tahapan pemilihan sekretaris daerah, lanjut Fajri, akan mencegah berbagai kepentingan politik dalam pemilihan Sekda.

 

Mulai Tes administrasi, kesehatan, penulisan masalah, assessment, tes wawancara dan itu semua harus terbuka hasilnya, lalu hasilnya diumumkan ke publik.

 

“Jauh lebih baik apabila rekam jejak para kandidat pemilihan sekda tersebut dipublikasikan, sehingga masyarakat dapat melihat rekam jejaknya. Yang kemudian bisa melaporkan jika ada temuan perihal rekam jejak kandidat tersebut,” pungkasnya.