Dinyatakan Berkas Lengkap, Kasus Tipikor PDSMU DIserahkan ke PN Bandung

Dinyatakan Berkas Lengkap, Kasus Tipikor PDSMU DIserahkan ke PN Bandung

April 28, 2021 0 By Radyid Abdul Gafar

KOLABORATOR.net Tim jaksa Penuntut Umum yang diketuai oleh Kasi Pidum Faisal Amin yang tengah meneliti Berkas Perkara dugaan tindak pidana korupsi pada Perusahaan Daerah Sindangkasih Multi Usaha (PDSMU) dinyatakan telah lengkap (P 21).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Majalengka Dede Sutisna melalui Kasi Pidsus Guntoro Janjang S menyatakan bahwa dengan dinyatakannya berkas perkara lengkap (P 21), maka tugas jaksa penyidik selanjutnya adalah menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung pada Pengadilan Negeri Bandung.

“Penyerahan tersangka dan Barang Bukti ( tahap 2 ) dari Jaksa Penyidik kepada Jaksa Peneliti secepatnya akan dilaksanakan sebelum hari raya lebaran,” ujar Guntoro Janjang S kepada awak media, Rabu (28/04).

dikatakan Kasi Pidsus, Dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana usaha PDSMU milik Pemkab Majalengka terus bergulir, setelah Jaksa Penyidik berhasil menahan tersangka pada hari Selasa (30/03) lalu.

“Tak hanya itu, pada hari jumat (09/04) lalu, jaksa penyidik menyita aset tersangka Junaedi mantan dirut BUMD Kabupaten Majalengka yakni berupa tanah dan bangunan yang terletak di Jalan Raya Majalengka.- Cirebon,” ucapnya.

Kasi Pidsus menjelaskan bahawa berdasarkan hasil audit kerugian negara yang dilakukan oleh BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan pembangunan) Provinsi Jawa Barat di Bandung terhadap kasus dugaan penyalahgunaa dana usaha PDSMU ialah mengakibatkan adanya kerugian negera sebesar Rp. 1,99 Milyar.

“Kita juga khususnya tim penyidik tindak pidana khusus Kejari Majalengka telah menyita uang tunai sebesar Rp. 650.700.000 selama proses penyidikan,” tegasnya.

Adapun terkait penyitaan aset milik tersangka JN, sebagai barang bukti agar tidak dipindah tangankan oleh tersangka maupun oleh pihak keluarganya.

“Selanjutnya terhadap Barang bukti yang disita ini kita proses untuk menentukan harga aset tersebut serta akan kita mintakan penaksiran ke kantor jasa penilai untuk jumlah dari harga aset tersebut,” tandasnya.